PENYUSUNAN STANDART OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA BAGIAN PEREKONOMIAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENGEVALUASI KINERJA BUMD DAN BLUD

Anindita Imam Basri, Risqia Nikma Maula, Valsa Ayunda Tisya

Abstract


Standard Operating Procedure (SOP) adalah seperangkat pedoman untuk memutuskan suatu tindakan. SOP (Standard Operating Procedures) adalah pedoman yang menjelaskan tata cara yang harus diikuti oleh pekerja atau petugas dalam melakukan tugasnya. Instansi pemerintah diharuskan untuk menerapkan SOP berdasarkan peraturan pemerintah dan Aparatur Negara No. 35 Tahun 2012. SOP penting dalam skenario ini untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan standar operasional prosedur pada bagian perekonomian Pemerintah Kota Yogyakarta. Memahami bagaimana instansi pemerintah menginginkan SOP diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, dan apakah SOP merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kinerja.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.