PENINGKATAN TINDAKAN PENCEGAHAN COVID DENGAN PEMBERIAN SABUN, HANDSANITIZER DAN BAHAN NUTRISI DI DAPUR UMUM COVID-19 KOTA TEGAL

Sari Prabandari, Rizki Febriyanti, Purgiyanti Purgiyanti, Purgiyanti Purgiyanti, Rahmat Ardianto

Abstract


Kota Tegal memberlakukan penerapan PPKM Darurat mulai tanggal 3 - 20 Juli 2021 sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. PPKM darurat dengan menekan jam produktif di berbagai tempat kegiatan ekonomi, mengatur mobilisasi masyarakat, dan pelaksanaan kegiatan ekonomi lainnya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah kota Tegal untuk dapat mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Semakin melonjaknya kasus Covid-19 di kota Tegal mengakibatkan banyaknya tempat-tempat yang digunakan sebagai sarana isolasi mandiri untuk menampung warga kota Tegal yang terkena covid, beberapa tempat yang telah disediakan oleh pemerintah kota Tegal yaitu Rusunawa dan Gor tegal Selatan. Tim medis dikerahkan dari Dinas Kesehatan sedangkan konsumsi bagi pasien dan tim medis dikerahkan dari dapur umum Covid -19 yang ada di Polres Kota Tegal.

Tujuan dari program farmasi peduli ini adalah membagikan secara gratis sabun cuci tangan, handsanitizer dan bahan nutrisi pada dapur umum Covid-19 Kota Tegal melalui program farmasi peduli sebagai proteksi bagi para relawan dan meningkatkan imunitas Sasaran kegiatan ini adalah para relawan dan dapur umum Covid-19 Kota Tegal.

Dari kegiataan PPKM yang sudah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagai upaya ikut mencegah penyebaran virus Corona yang semakin meluas dan memberika support bantuan berupa sabun dan handsanitizer untuk Dapur umum Covid-19 Polres Tegal Kota begitu juga support untuk para tim relawan berupa kebutuhan nutrisi untuk kesehatan mereka. Dengan adanya kegiatan PKM yang dilaksanakan Tim Dosen dari DIII Farmasi Politeknik Harapan Bersama memberikan nilai lebih dari sisi kesehatan, sosial, ekonomi, dan ibadah.

 

Kata kunci : Bahan Nutrisi, Dapur Umum Covid-19, Polres Kota Tegal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.