PENGARUH NILAI TUKAR, SUKU BUNGA, INFLASI, INDEKS NIKKEI 225, INDEKS DOW JONES DAN INDEKS SHANGHAI STOCK EXCHANGE TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia)

Riskin Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Nilai Tukar, Suku Bunga, Inflasi, Indeks Nikkei 225, Indeks Dow Jones dan Indeks Shanghai Stock Exchange terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Studi Empiris Pada Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Penelitian ini menggunakan data time series selama periode Januari 2012 – Desember 2014. Penelitian ini menggunakan pusposive sampling yaitu penetuan sampel berdasarkan kriteria tertentu sehingga diperoleh 36 sampel.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel indeks Nikkei 225 berpengaruh positif signifikan terhadap IHSG, sedangkan variabel Nilai Tukar, Suku Bunga, Inflasi, Indeks Dow Jones dan Indeks Shanghai berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap IHSG. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa variabel Nilai Tukar, Suku Bunga, Inflasi, Indeks Nikkei 225, Indeks Dow Jones dan Indeks Shanghai mampu mejelaskan IHSG sebesar 80,9 % dan 19,1% dijelaskan oleh faktor lain yang belum masuk dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Nilai Tukar, Suku Bunga, Inflasi, Indeks, IHSG

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.