ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CARBON EMISSION DISCLOSURES DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Dian Anita Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh tipe industri, size (ukuran perusahaan), profitabilitas, leverage dan kinerja lingkungan terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan di Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur dan jasa transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014 yang berjumlah 133 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh delapan perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan panel data dengan periode penelitian lima tahun sehingga diperoleh 40 observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengukuran luas pengungkapan emisi karbon menggunakan checklist yang dikembangkan berdasarkan lembar permintaan informasi yang diberikan oleh CDP (Carbon Disclosure Project).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa size dan kinerja lingkungan berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur dan jasa transportasi di Indonesia. Sedangkan tipe perusahaan, profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan manufaktur dan jasa transportasi di Indonesia. Dengan Adjusted R2 0,369, menunjukkan bahwa ada faktor lain di luar model yang dapat mempengaruhi tingkat pengungkapan emisi karbon. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah perlu memperluas obyek penelitian, menggunakan lebih dari satu panelis dalam pengukuran pengungkapan emisi karbon, mengembangkan indeks pengukuran emisi karbon yang sesuai dengan kondisi di Indonesia, mempertimbangkan penggunaan media pelaporan yang lain dalam menentukan tingkat pengungkapan emisi karbon dan menambah variabel yang lain misalnya visibility media dan corporate governance dalam memprediksi tingkat pengungkapan emisi karbon.

 

Kata Kunci: Carbon Emission Disclosure, Tipe Perusahaan, size, Profitabilitas,  leverage dan Proper.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.